7 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

penyebab kenapa ac tidak dingin

AC merupakan alat yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan sehingga lebih nyaman dan sejuk, tetapi ada kalanya AC macet sehingga tidak dingin dan ternyata ada beberapa penyebab AC tidak dingin. Apa sajakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Inilah 7 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Jika Anda memiliki AC di ruang kerja atau di rumah tetapi tidak dapat mendinginkan ruangan, itu berarti ada masalah dalam AC tersebut. Anda dapat melihat beberapa bagian dari AC untuk mengeceknya. Berikut adalah beberapa hal penyebab AC rumah tidak dingin:

1. Berkurangnya refrigan/ Freon

Refrigan atau Freon merupakan zat yang berfungsi untuk memindahkan kalor dari dalam ruangan menuju keluar. Jika zat ini berkurang maka proses penyerapan kalor akan semakin terhambat sehingga AC tidak dapat mendinginkan ruangan dengan maksimal.

Jika zat ini berkurang maka segera isi Freon kembali agar kinerja AC dapat berjalan dengan lancar. Anda dapat menemukan jasa isi Freon dengan mudah karena saat ini banyak orang telah menyediakan jasa isi Freon.

2. Kondensor yang kotor

Komponen yang terdapat dalam refrigan yang berfungsi untuk membuang panas yang telah diserap oleh evaporator adalah kondensor. Jika komponen ini kotor maka dapat menghambat udara panas yang melewatinya sehingga suhu kondensor semakin panas karena tersumbatnya udara panas didalamnya. Jika bagian kondensor kotor maka segera bersihkan agar AC dapat mendinginkan ruangan dengan maksimal.

3. Melemahnya kompresor

Komponen yang berfungsi sebagai sirkulasi refrigan untuk perpindahan panas dari dalam ruangan ke luar adalah kompresor. Jika komponen ini melemah maka perpindahan kalor pun juga melemah. Penyebab melemahnya kompresor, yaitu disebabkan oleh lilitan, mekanik, oli, dll. Untuk mengatasi hal ini maka segera perbaiki atau ganti kompresor dengan yang baru. Inilah salah satu penyebab AC tidak dingin dan bocor.

4. Evaporator yang kotor

Salah satu komponen mesin AC yang berfungsi sebagai penyerap udara panas yang ada dalam ruangan dan menyalurkannya keluar melalui refrigan adalah evaporator. Jadi komponen evaporator ini merupakan komponen penting untuk mendukung pendinginan ruangan. Jika evaporator dalam keadaan kotor maka dapat menghambat proses penyerapan panas sehingga AC tidak dapat mendinginkan ruangan dengan maksimal.

Jadi jika AC Anda bermasalah maka cek bagian evaporator dan jika kotor maka segera bersihkan. Anda dapat memanggil jasa pembersih AC untuk membersihkan bagian evaporator agar lebih mudah dan terjaga kebersihannya.

5. Ketidakstabilan tegangan listrik

AC merupakan salah satu alat elektronik yang membutuhkan tegangan listrik yang cukup besar. Jika tegangan listrik tidak stabil dan tidak maksimal maka kinerja AC untuk mendinginkan ruangan dapat terganggu sehingga dapat menyebabkan AC tidak dingin. Jadi sebelum memasang AC terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah mengecek tegangan aliran listrik apakah sudah memenuhi daya yang dibutuhkan AC atau tidak.

6. Spark gap pecah

Salah satu penyebab AC tidak dingin di siang hari adalah kondisi spark gap. Spark gap merupakan komponen AC yang berfungsi sebagai pengaman rangkaian mesin AC yang berbentuk seperti logam. Jika komponen ini rusak atau pecah maka dapat mempengaruhi kinerja AC sehingga AC tidak dapat mendinginkan ruangan dengan baik. Spark gab yang pecah atau rusak harus diganti dengan spark gap yang baru sehingga AC dapat bekerja dengan baik.

7. Kipas tidak berputar

Salah satu komponen penting AC adalah kipas untuk mendinginkan udara. Jika kipas tidak berputar maka dapat menghambat pendinginan ruangan sehingga AC tidak dapat mendingkan ruangan dengan maksimal.

Demikian informasi seputar penyebab AC tidak dingin yang dapat Anda pelajari sehingga jika AC di rumah tidak dingin maka segera cari tahu penyebabnya ya.

Artikel Terkait:

0 Response to "7 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar