8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

penyebab kenapa ac mobil tidak dingin

Mobil akan semakin nyaman jika dilengkapi dengan AC, namun ada beberapa kasus AC mobil tidak dingin dan penyebab AC mobil tidak dingin tidak banyak diketahui oleh pemilik mobil. Jika AC mobil tidak dingin, itu menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan AC-nya. Lalu apa sajakah penyebab AC mobil tidak dapat mendinginkan mobil?

Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kita akan semakin nyaman di dalam mobil jika dilengkapi dengan AC mobil sehingga di dalam mobil menjadi dingin dan sejuk. Tetapi dari waktu-ke waktu AC kinerja AC semakin melemah sehingga tidak dapat mendinginkan mobil kembali. Berikut adalah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin:

1. Kipas kondensor macet

Kipas kondensor merupakan komponen AC yang berfungsi untuk membuang kalor dalam kondensor dengan mengubahnya dari gas menjadi cairan hangat. Jika kipas ini tidak dapat berkerja dengan baik maka Freon tidak dapat diubah menjadi ke bentuk cair sehingga proses pendinginan tidak dapat berjalan dengan maksimal.

2. Filter AC menjadi kotor

Filter AC merupakan komponen pelengkap AC yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam AC melalui udara. Kondisi filter yang kotor mampu menghambat kinerja AC dalam menyerap kalor karena udara yang masuk ke dalam AC akan terhalang oleh kotoran atau debu yang menempel pada filter.

3. Blower macet

Motor blower merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam evaporator AC. Jika komponen ini macet maka AC tidak dapat mendinginkan mobil dengan maksimal. Blower yang macet dapat disebabkan oleh kabel yang putus atau kerusakan blower, jika hal ini terjadi maka segera perbaiki dan jika perlu ganti dengan yang baru.

4. Sirkulasi Freon terganggu

Sirkulasi Freon yang terganggu akibat kotoran atau debu yang menempel maka dapat menghambat proses pendinginan kalor. Debu dan kotoran ini masuk melalui udara yang masuk ke dalam AC dan lama-kelamaan akan mengendap sehingga menumpuk menimbulkan penyumbatan yang dapat mengganggu proses pendinginan. Inilah yang menyebabkan AC mobil tidak dingin saat macet.

5. Berkurangnya Freon

Freon merupakan zat yang penting untuk mendinginkan udara panas dalam ruangan atau mobil. Zat ini merupakan zat yang biasa didisikan ke dalam mesin AC mobil untuk mendinginkan. Jika jumlah Freon semakin berkurang maka AC tidak dapat mendinginkan kalor dengan maksimal dan udara yang dihasilkan oleh AC menjadi tidak dingin. 

Jadi jika AC mobil Anda tidak dingin maka segera periksa apakah jumlah Freon mencukupi atau tidak dan segera isi kembali Freon dengan yang baru.

6. Besarnya beban pendinginan

Jika dalam mobil hanya terdapat seorang penumpang saja maka dinginnya AC akan sangat terasa, sedangkan pada setelan AC yang sama dengan jumlah penumpang lebih banyak maka dinginnya AC tidak begitu terasa bahkan jika kita telah mengatur suhu AC serendah-rendahnya tetapi tetap dinginnya AC kurang terasa. 

Hal ini disebabkan oleh jumlah beban yang harus didinginkan AC berbeda. Semakin besar beban pendinginnya maka semakin tidak terasa dinginnnya dan AC mobil kurang dingin pada siang hari.

7. Evaporator menjadi kotor

Evaporator merupakan komponen AC yang berfungsi untuk menyerap kalor di ruangan dan mengalirkannya keluar sehingga ruangan menjadi dingin. Jika komponen ini menjadi kotor karena debu dan kotoran maka dapat menghalangi penyerapan kalor sehingga AC tidak dapat mendinginkan mobil dengan maksimal.

8. Kompresor macet

Kompresor merupakan media ynag berfungsi menyalurkan Freon ke dalam AC, jika komponen ini mengalami kerusakan atau dalam kondisi kotor maka dapat menghambat kinerja AC dalam mendinginkan mobil.

Demikian informasi seputar penyebab AC mobil tidak dingin yang dapat Anda pelajari untuk mengecek AC mobil jika tidak dingin.

Artikel Terkait:

0 Response to "8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar