8 Faktor Penyebab Lupa yang Sering Dialami Orang Muda, dan 8 Cara Mengatasinya

faktor penyebab lupa di usia muda

Lupa adalah hal yang sangat wajar yang dialami seseorang. Apalagi jika seseorang sudah lanjut usianya, maka biasanya ia akan mudah lupa dengan banyak hal alias pikun. Namun, jika penyakit lupa menyerang para muda, apakah hal tersebut wajar? Berikut penyebab lupa yang sering terjadi pada orang-orang yang usianya masih muda.

Inilah 8 Penyebab Lupa yang Sering Dialami Para Muda


Meskipun lupa adalah hal yang biasa, seringkali lupa membuat seseorang merasa kesal. Umumnya, penyakit lupa atau pikun terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia. Lalu bagaimana jika itu terjadi pada mereka yang masih muda? Berikut adalah penyebab lupa pada para kaum muda:

1. Penyakit Alzheimer

Biasanya, Alzheimer menyerang para lansia. Cara kerja penyakit ini adalah dengan menguras memori dan hilang ingatan. Hal-hal yang ditimbulkan adalah mudah cemas, pikiran kacau, dan lebih sensitif. Usaha yang berlebihan untuk mengingat hal yang telah terjadi, akan membuat si penderita mudah lelah.

2. Stress

Penyebab lupa secara psikologis adalah stress. Otot-otot akan gampang menjadi tegang jika seseorang mengalami stress karena otak diharuskan untuk bekerja keras. Kerja otak yang dipicu terlalu keras membuat proses penyimpanan dan daya ingat akan sebuah informasi menjadi terhambat.

3. Alkohol dan narkoba

Faktor penyebab lupa di usia muda yang paling sering ditemukan adalah karena alkohol dan narkoba. Fungsi otak akan secara drastis melemah apabila seseorang sedang berada dalam pengaruh narkoba dan alkohol. Melemahnya fungsi otak dikarenakan sel-sel pada jaringan otak tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Overload

Gaya hidup yang sangat sibuk dan banyaknya informasi yang harus diterima juga memungkinkan kerja otak seseorang menjadi melemah, dan mengakibatkan pikun.

5. Tiroid

Mental yang semakin bingung dan kurangnya kemampuan mengingat juga disebabkan oleh gangguan tiroid seperti hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Tiroid ini biasanya menyebabkan ketidakmampuan mengingat dalam jangka waktu yang lama.

6. Gangguan fisik

Gangguan fisik yang dapat menyebabkan hilangnya ingatan atau amnesia adalah benturan di bagian kepala.Biasanya benturan ini terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan dan cedera.

7. Diet tidak sehat

Pola diet yang kurang sehat akan membuat seseorang menjadi kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Maka, dietlah dengan benar dan sehat.

8. Kurang tidur

Sistem kerja otak akan menjadi kurang maksimal ketika seseorang kurang tidur atau kurang istirahat, karena rasa kantuk yang timbul akan membuat pikiran menjadi kurang fokus.

8 Cara Jitu Atasi Lupa

Cara mengatasi penyakit mudah lupa dikarenakan faktor-faktor tersebut di atas adalah sebagai berikut:

1. Makan makanan sehat dan cukup gizi

Empat sehat lima sempurna adalah hal sederhana untuk menuju hidup sehat. Bila pola makan teratur dan sehat, maka otak akan bekerja dengan maksimal.

2. Rutin olahraga

Makan saja tidaklah cukup.Harus diimbangi dengan olahraga yang rutin supaya peredaran oksigen dalam otak menjadi lancar. Selain itu, otak akan disupply oksigen secara maksimal sehingga dapat berfungsi dengan baik, dan pertumbuhan sel-sel baru dalam otak akan terbantu.


3. Konsumsi vitamin E

Makanan seperti kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kerja otak.

4. Buatlah catatan

Buatlah catatan tentang hal-hal penting yang ingin dan akan dilakukan. Setidaknya, catatan dapat membantu bagi mereka yang bersifat pelupa.

5. Lakukan tes otak

Kerja otak dapat diuji dengan berbagai macam kegiatan seperti, membaca buku dan bermain catur. Hal tersebut membantu otak untuk mengingat apa yang sudah dilihat dan dilakukan.

6. Konsumsi makanan yang mengandung choline

Konsumsilah makanan yang mengandung choline seperti telur, hati ayam, dan kedelai, karena dapat meningkatkan daya ingat dan berpikir.

7. Cukup istirahat

Aktivitas yang padat membuat tubuh dan otak lelah. Maka istirahat yang cukup sangatlah diperlukan.

8. Letakkan benda di tempat yang sama

Hal sederhana yang dapat membantu daya ingat terjaga adalah dengan meletakkan benda pada tempat yang sama ketika mengambilnya.

Penyebab lupa haruslah segera diatasi. Karena jika tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

0 Response to "8 Faktor Penyebab Lupa yang Sering Dialami Orang Muda, dan 8 Cara Mengatasinya"

Posting Komentar