Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Dia Jawabannya

minum kopi saat hamil

Banyak wanita yang mencintai kopi dan merasa harus mengonsumsi kopi setiap hari, namun bagaimana jika wanita sedang hamil? Bolehkah ibu hamil minum kopi dan efek apa yang bisa diberikan bagi sang janin? Artikel berikut akan menjawab segala pertanyaan tersebut dengan jelas, selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Sayangnya, jawabannya mungkin membuat Anda para pencinta kopi kecewa. Ibu hamil tidak boleh minum terlalu banyak kopi karena bisa berakibat buruk kepada sang janin. Rupanya kopi yang diminum bisa mempengaruhi detak jantung bayi karena mampu menembus plasenta sang bayi. Akan tetapi, bukan berarti ibu hamil minum kopi instan pun dilarang keras.

Jumlah Kafein yang Boleh Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Selain minum kopi saat hamil, ada minuman dan makanan lain mengandung kafein yang harus dibatasi jumlahnya demi kesehatan janin, contohnya adalah teh dan coklat. Kadang-kadang kafein ini juga ditambah ke dalam minuman energi maupun obat flu, oleh karena itu baca semua kandungan gizi dengan hati-hati. Saat hamil kita tetap bisa mengonsumsi makanan atau minuman tersebut, namun pastikan bahwa kafeinnya tak lebih dari 200 miligram dalam 1 hari. Biasanya jumlah ini setara dengan 2 gelas kopi instan. Berikut jumlah kafein beberapa minuman dan makanan:
  • Secangkir teh umumnya memiliki kafein 75 miligram.
  • Secangkir kopi seduh umumnya memiliki 60 sampai 200 miligram kafein.
  • 50 gram coklat umumnya memiliki 25 sampai 50 miligram kafein.
  • Secangkir kopi saring umumnya punya 140 miligram kafein.
  • Sebotol sedo biasanya punya 75 miligram kafein.
  • Secangkir kopi instan umumnya mengandung 100 miligram kafein. 
Sebenarnya cara paling aman agar kita tak melebihi batas ini adalah menghindari seluruh jenis makanan dan minuman tersebut. Mungkin jika kita memang sudah terbiasa dengan minum kopi, kita bisa mulai ganti minuman dengan yang lebih sehat seperti jus buah alami. Apabila Anda tetap ingin sensasi rasa kopi di mulut, cobalah kopi decaffeinated yang jumlah kafeinnya mendekati nol atau bahkan tidak ada.

Risiko Lebih Lanjut Jika Ibu Hamil Minum Kopi

Bagi orang pada umumnya yang tidak hamil, minum kopi bisa menyebabkan beberapa hal seperti tremor, kecemasan, gangguan pencernaan, insomnia, dan jantung berdetak jauh lebih cepat. Rupanya lebih banyak hal buruk bisa didapat untuk janin jika ibu hamil minum kopi. 

Yang pertama adalah anemia, jika sang ibu saja kekurangan darah dan lemas apalagi janin yang ada di dalamnya. Rasa pusing yang ditimbulkan anemia ini juga bisa membuat janin merasa tidak nyaman. Hal kedua namun yang paling buruk adalah keguguran janin. Janin bisa mengalami gagal jantung karena kafein dan lama kelamaan seluruh fungsi tubuhnya mati. Tentu sebagai sang ibu kita semua sangat menghindari hal ini.

Efek lainnya yang sangat mengganggu ibu hamil dan berdampak pada janin adalah naiknya asam lambung dan ulu hati menjadi sakit. Yang terakhir, tinggi kemungkinannya bayi akan lahir dengan berat badan sangat rendah. Dan semakin rendah berat badan bayi, semakin rentan ia terhadap penyakit karena daya tahan tubuhnya pun terkena pengaruh.

Setelah membaca seluruh ulasan di atas, kita para ibu hamil pasti tahu bahwa sangat buruk efek kopi bagi sang janin sekaligus ibu hamil sendiri. Cobalah mengganti kopi dengan minuman lain lebih bersahabat seperti jus buah, sirup, dan air putih. Semoga artikel mengenai bolehkah ibu hamil minum kopi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait:

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Dia Jawabannya"

Posting Komentar