Mungkin Ini Penyebab Power Steering Berat Pada Mobil Anda

penyebab power steering keras

Sebagian besar mobil masa kini sudah dilengkapi dengan power steering. Namun, tidak semua mobil memiliki power steering yang sama. Untuk mobil jenis lama, power steering yang digunakan masih power steering hidarulik. Sedangkan mobil-mobil baru, sudah lebih canggih dengan menggunakan Electric Power Steering (EPS).

Untuk menjaga kelangsungan komponen ini pengguna diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup, sehingga dapat merawatnya. Jika lalai, maka power steering akan menjadi berat dan rusak. Berikut penyebab power steering berat.

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Power Steering Berat

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab power steering berat:

1. Salah isi cairan

Penyebab power steering rusak adalah bila pemilik mobil lalai akan komponen mobilnya ini. Biasanya, pemilik mobil merasa malas untuk membawa mobilnya ke bengkel, dan meyepelekan kebocoran sil. Oleh karena itu, mereka melakukan sendiri isi ulang cairan pada power steering mereka dan ternyata salah cairan. Biasanya mereka mengisi ulang cairan power steering dengan menggunakan cairan yang dipakai untuk kopling dan rem yang jelas sifatnya berbeda.

2. Usia komponen

Salah satu penyebab power steering bunyi adalah karena usia komponennya sudah di atas 5 tahun. Masalah yang sering timbul adalah kebocoran selang atau rack steer, yang ditandai dengan munculnya tetesan cairan power steering. Hal ini dapat segera diketahui ketika setir diputar, maka akan muncul suara dengungan. Solusi sementara untuk masalah ini adalah dengan menambahkan cairan pada power steeringnya.

3. Penggunaan yang tidak wajar

Mobil yang sering digunakan untuk balapan dengan aksi kecepatan tinggi juga menjadi salah satu penyebab power steering keras. Hal ini disebabkan oleh tekanan cairan pada area power steering menjadi panas dan tinggi. Bila hal itu sering terjadi, maka kerusakan dan kebocoran selang tak dapat dihindari.

4. Robeknya boot rack steer

Boot rack steer pada power steering yang terbuat dari karet akan mengalami kerusakan dan robek bila mobil sering dipakai melintasi kondisi jalan yang rusak. Jika kerusakan itu dibiarkan, maka power steering akan berkarat karena air, debu dan kotoran dibiarkan masuk. Setir mobil menjadi berbunyi dan terasa berat ketika diputar.

Hindari Kerusakan Power Steering

Power steering adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Dengan adanya power steering, mobil menjadi lebih mudah dan ringan untuk digerakkan. Perbandingan penggunaan mobil yang sudah menggunakan power steering dengan yang belum, akan sangat dirasakan. Kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran dan power steering menjadi berat. Berikut adalah cara untuk menghindari kerusakan pada power steering:
  • Pakailah minyak untuk cairan power steering yang asli/ original yaitu jenis ATF ketika melakukan penambahan cairan atau mengganti cairan.
  • Usahakan untuk tidak memutar setir ketika mesin mobil dalam keadaan mati.
  • Tidak boleh terlalu sering membelokkan setir terlalu lama sampai mentok. Hal ini akan memberikan tekanan yang kuat pada sil power steering dan mengakibatkan kebocoran.
  • Ketika mobil akan dibelokkan, selalu usahakan mesin mobil dalam keadaan menyala. Pergerakan ini membantu memngurangi beban pergerakan setir.
  • Jangan menggunakan spare parts yang tidak asli alias KW. Spare parts yang tidak original akan menambah kerusakan. Serta rajin-rajinlah melakukan servis untuk memantau kondisi komponen mobil.
  • Pakaialah jenis ban mobil dengan tingkat gesekan yang minim supaya sil terjaga dari tekanan yang membuatnya rusak.
  • Bila sedang memarkir kendaraan, usahakan posisi roda mobil bagian depan selalu lurus.
  • Perhatikan boot steer kanan dan kiri setiap kali mencuci mobil. Periksalah apakah lepas, robek atau mengalami kerusakan lainnya. Jika rusak, segeralah perbaiki dan ganti dengan yang baru.
Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab power steering berat. Bagi pemilik mobil, sebaiknya rajin untuk mengecek komponen kendaraanya supaya kerusakan yang tidak diinginkan dapat diminimalis.

Artikel Terkait:

0 Response to "Mungkin Ini Penyebab Power Steering Berat Pada Mobil Anda"

Posting Komentar