Kenalilah 10 Penyebab Telat Datang Bulan Wanita

 alasan telat datang bulan selain hamil
Apa yang terlintas di benak Anda ketika mengetahui bila seorang wanita telat datang bulan? kebanyakan orang akan mengarahkan pikirannya bahwa wanita itu sedang hamil.

Perlu diketahui, hamil hanyalah salah satu penyebabnya saja. Masih banyak penyebab telat datang bulan yang lain yang belum diketahui. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan telat datang bulan.

Penyebab Telat Datang Bulan Pada Wanita

Apa itu menstruasi? Menstruasi adalah siklus bulanan pada wanita yang dikarenakan lapisan dinding rahim yang mengandung bayak darah dan cairan meluruh bersama-sama keluar dari vagina yang disebabkan oleh pembuahan yang tidak terjadi.

Oleh karena itu, banyak yang menyimpulkan bahwa datang bulan yang terlambat adalah karena pembuahan telah terjadi dan ia hamil. Setiap wanita memiliki siklus bulanan yang berbeda-beda. Berikut adalah 10 penyebab telat datang bulan yang sering menghampiri kaum hawa:

1. Hamil

Hamil adalah salah satu alasan telat haid, karena di situlah sudah terjadi pembuahan. Untuk memastikan apakah benar datang bulan yang terlambat dikarenakan sedang hamil, perlu dilakukan tes kehamilan. Tes kehamilan bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan test pack atau memeriksakan diri ke dokter kandungan.

2. Salah hitung

Hitungan normal lama satu siklus menstruasi seorang wanita adalah 28 hari. Namun, tidak semua wanita memiliki siklus bulanan yang sama. Jadi 28 hari itu tidak bisa dijadikan patokan.Terkadang telat datang bulan hanya dikarenakan salah perhitungan saja. Karena siklus bulanan memang cenderung tidak teratur.

3. Sakit

Bila seorang wanita sedang menderita sakit dalam kurun waktu yang cukup lama, hal itu juga dapat menyebabkan haid datang terlambat. Biasanya, keterlambatan haid yang disebabkan oleh sakit ini hanyak berlangsung sementara saja. Setelah keadaan pulih kembali, siklus datang bulan akan kembali normal.

4. Stress

Alasan telat datang bulan selain hamil adalah stress. Teratur atau tidaknya siklus menstruasi dipengaruhi oleh stress. Saat kondisi tubuh sedang tertekan produksi hormone GnRH pada tubuh wanita akan berkurang sehingga ia tidak mengalami haid.


5. Perubahan pola hidup

Berubahnya jadwal aktivitas harian juga berpengaruh pada kelancaran datang bulan. Hal itu mempengaruhi sistem kinerja tubuh. Perpindahan jam kerja dan kegiatan kerja membuat haid datang tidak teratur.

6. Terlalu kurus

Tubuh yang terlalu kurus akan membuat siklus haid seorang wanita menjadi tidak teratur, atau bahkan berhenti.

7. Terlalu gemuk

Tak hanya terlalu kurus, terlalu gemuk pun juga akan mengakibatkan ketidakteraturan siklus bulanan, juga menghentikannya. Biasanya, siklus haid ini akan kembali lancar dan normal ketika berat badan sudah mulai turun.

8. Konsumsi obat

Penyebab telat menstruasi selain hamil adalah konsumsi obat. Siklus bulanan wanita juga dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan. Sebagai contoh, obat untuk sakit telinga dan gatal-gatal adalah jenis obat yang mampu menghambat kelancaran haid.

9. Pra menopause

Pra menopause adalah situasi dimana terjadi transisi antara usia produktif menuju usia non-produktif. Pada masa ini sangat wajar bila menstruasi terjadi dengan tidak teratur, kadang sedikit, kadang banyak, kadang lama, dan kadang sebentar.

10. Menopause

Pada masa menopause ini, seorang wanita tidak akan lagi mengalami ovulasi. Hal ini juga bisa dikarenakan oleh faktor lain seperti efek kemoterapi dan operasi.

Lalu, apakah ada faktor lain lagi yang menyebabkan haid datang terlambat? Jika bukan karena kehamilan, maka sebaiknya penyebab keterlambatan haid segera dikonsultasikan ke dokter. Sangat penting bagi wanita mengetahui dengan cermat apa penyebab telat datang bulan yang sedang ia alami supaya segera dapat diatasi dengan baik.

Artikel Terkait:

0 Response to "Kenalilah 10 Penyebab Telat Datang Bulan Wanita"

Posting Komentar